Jumat, 02 Maret 2012

ASAL MULA KUBAH MASJID

Contoh Kubah Masjid :
 
 

     Asal mula kubah bisa saja gede berawal dari suatu atap pondok primitif, yang terbuat dari dahan kayu sebagai kerangka & dipadatkan bersama selut & lumpur. Maupun dengan memakai batu juga sebagai pondasinya & sebagai tiang penyangga. Sample kubah seperti ini akan kita jumpai di dalam kubur Mikene di Yunani & dalam arsitektur Sisilia di Italia. Kubah-kubah tersebut cuma digunakan & dipakai untuk bangunan-bangunan yg mungil.

    Kubah sendiri yakni salah satu unsur arsitektur yang tidak jarang difungsikan. Kubah mampu berbentuk setengah lingkaran atau separuh bola, bahkan berbentuk seperti kerucut di mana permukaannya melengkung ke luar. & pun terdapat wujud kubah yang menyerupai piring atau dinamakan bersama "Kubah Piring" & "Kubah Bawang" lantaran wujudnya seperti bawang.
 
    Rata-Rata suatu kubah bakal ditempatkan ditempat paling atas terhadap suatu bangunan. dia diletakkan terhadap satu buah pondasi atau dudukan kubah dgn memakai kerangka Pipa Air Galvanis, Pipa Gas maupun bersama yang lain.

   Kubah sanggup serta dianggap seperti satu buah gerbang yang ditempatkan kepada rangka penyangganya & ini bermakna bahwa kubah memiliki kemampuan struktur bangunan yang agung, sama seperti konstruksi jembatan.
 
    Kalau dipandang dari dalam, sehingga wujud kubah bakal terlihat lebih menarik seandainya ditambah bersama Ornamen Kaligrafi & pernak pernik yang lain.

   Tidak Sedikit masjid di seluruhnya dunia sekarang serta memiliki kubah, termasuk juga di Indonesia sendiri & rutinitas ini berasal dari daerah Anatolia. Tidak Cuma terhadap bangunan masjid sekian banyak stadion tertutup pula memiliki kubah, terutama di negeri negeri yang memiliki iklim empat periode. Stadion mula-mula yang memiliki bangunan seperti kubah ialah "Astrodome" di Houston, Texas, Amerika Serikat & sample yang lain merupakan "Skydome" di Toronto, Ontario, Kanada, stadion perdana yang memiliki atap berbentuk seperti kubah yang bakal di buka tutup.
 
   Terhadap abad pertengahan semasa era Kerajaan Romawi, kubah diciptakan supaya bakal mengijinkan bakal diletakkan terhadap dudukan kubah yang berbentuk persegi empat, perihal ini menandakan bahwa pemakaian kubah makin meluas.

    Sedangkan terhadap era morern sekarang ini, kubah bersama bahan & wujud "Kubah Geodesi, Kubah enamel, Kubah Galvalume, Kubah Composite Panel, Kubah GRC" sudah diciptakan. Kubah seperti ini berbentuk hemisfer & memakai kekisi yang merupakan kerangka kubah yang menjadikan beban kubah jauh lebih ringan dari periode periode diawal mulanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar